Home » Fikih » Kajian Fiqh, Antara Pendekatan Substansial dan Pendekatan Formal

Kajian Fiqh, Antara Pendekatan Substansial dan Pendekatan Formal

Advertisements

Bagi seorang muslim, tamassuk bisyariah adalah hal niscaya sebagai implementasi ketaatan kepada Allah dan Rasulnya. Salah satu bentuk tamassuk adalah mengadopsi pendapat para ulama dalam menetapkan hukum. Dengan aumsi bahwa pendapat para ulama didasarkan pada pemahaman terhadap teks Quran dan Hadis, maka mengikuti pendapat ulama masih terbilang merujuk pada dalil Quran dan Hadis. Pada tataran praktis, tidak seluruh tradisi muamalah yang berkembang di kalangan umat Islam merupakan produk implemetatif dari ketetapan hukum para ulama. Hal ini mengakibatkan sebagian tradisi muamalah yang berkembang di kalangan umat Islam tampak bertentangan dengan ketetapan hukum para ulama. Pada gilirannya hal tersebut memunculkan pertanyaan, legalkah menurut syara’ tradisi muamalah tersebut, dan karenanya orang orang yang melakukan praktik muamalah tersebut berdosa karena telah melanggar ketentuan syara’?

Ada dua model visi dalam mendekati permasalahan di atas. Pertama, pendekatan legal formal. Pendekatan ini menekankan keterpenuhan aspek legal-formal pada suatu praktik muamalah. Jika suatu muamalah tidak memenuhi aspek legal formal sebagaimana ditetapkan para ulama, maka muamalah tersebut fasid, dan yang melakukan muamalah tersebut berdosa, karena melakukan praktik muamalah yang fasid. Jika suatu praltik muamalah telah berlaku umum dan tampak bertentangan dengan hukum, maka pendekatan legal-formal menawarkan solusi hilah: yaitu menempuh cara atau jenis muamalah lain yang memenuhi aspek legal formal tetapi tetap bermuara pada hasil yang sama dengan muamalah yang fasid.

Model kedua adalah pendekatan substansial. Pendekatan ini lebih menekankan pada terpenuhinya prinsip dan tujuan suatu muamalah dan lebih longgar dalam merumuskan aturan legal formal. Jika suatu praktik muamalah nyata-nyata atau diduga kuat beseberangan dengan prinsip dan tujuan muamalah tersebut secara khusus atau prinsip dan tujuan muamalah secara umum, maka hukumnya fasid. Dalam merespon tradisi muamalah yang tampak bertentangan dengan syara’ pendekatan substansial bersikap permisif: sepanjang tidak ada nash qath’iy yang melarang dan tidak terdapat hal yang bertentangan dengan prinsip dan tujuan muamalah secara umum maka muamalah tersebut hukumnya mubah.

Untuk menjelaskan hal ini, akan dibahas contoh muamalah yang muaranya sekilas tampak bertentangan dengan syara’ dan bagaimana kedua pendekatan mensikapi hal tersebut.

Jual beli kotoran hewan untuk pupuk

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ عَامَ الْفَتْحِ وَهُوَ بِمَكَّةَ إِنَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ حَرَّمَ بَيْعَ الْخَمْرِ وَالْمَيْتَةِ وَالْخِنْزِيرِ وَالْأَصْنَامِ فَقِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ شُحُومَ الْمَيْتَةِ فَإِنَّهَا يُطْلَى بِهَا السُّفُنُ وَيُدْهَنُ بِهَا الْجُلُودُ وَيَسْتَصْبِحُ بِهَا النَّاسُ فَقَالَ لَا هُوَ حَرَامٌ ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَ ذَلِكَ قَاتَلَ اللَّهُ الْيَهُودَ إِنَّ اللَّهَ لَمَّا حَرَّمَ شُحُومَهَا جَمَلُوهُ ثُمَّ بَاعُوهُ فَأَكَلُوا ثَمَنَهُ

(HR Buchori:2082, Muslim:2960, Tirmidzi:1218, Nasa’iy:4590, Ibnu Majah:2158, Ahmad:6702)

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَمَهْرِ الْبَغِيِّ وَحُلْوَانِ الْكَاهِنِ

(HR Malik:1173, Buchori:2083, Muslim:2930, Tirmidzi:1218, Ibnu Majah:2150, Abu Daud:2974, Tirmidzi:1052, Nasa’iy:4218, Ahmad:16453)

Gabungan kedua Hadis di atas menegaskan keharaman memperdagangkan empat komoditas yang merupakan barang najis, yaitu: arak, bangkai, babi dan anjing. Dan diqiyaskan atas keempat  barang najis teresbut seluruh barang-barang najis yang lain. Tentang hal ini asy-Syirazy berkata:

فأما النجس في نفسه فلا يجوز بيعه وذلك مثل الكلب والخنزير والخمر والسرجين وما أشبه ذلك من النجاسات والاصل فيه ما روى جابر رضى الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال (ان الله تعالى حرم بيع الخمر والميتة والخنزير والاصنام) وروى أبو مسعود رسول الله صلى الله عليه وسلم نهى عن ثمن الكلب فنص على الكلب والخنزير والخمر والميتة وقسنا عليها سائر الاعيان النجسة

 (Nawawy, sayrh muhadzab, vol:9, hal:226).

Atiyyah Shaqr dalam fatawa al-Azhar menegaskan hal yang sama. Menyimpulkan Hadis Jabir di atas Atiyyah Shaqr berkata:

قال جمهور العلماء : إن بيع النجس والتجارة فيه حرام والعقد عليه باطل ، بناء على الحديث الأول الذى نص على الحرمة وعلى لعن اليهود الذين تاجروا

Termasuk barang-barang najis adalah kotoran hewan baik yang digunakan untuk pupuk ataupun tidak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menurut Syafi’iyyah dan jumhuurl ulama, memperdagangkan kotoran hewan hukumnya haram dan transaksinya juga tidak sah.

Persoalan muncul ketika fakta di lapangan menunjukkan bahwa perdagangan kotoran hewan untuk pupuk ternyata menjadi hal yang lumrah dan banyak terjadi. Untuk mengatasi persoalan ini syafi’iyyah menawarkan konsep naqlul yad atau pemindahtanganan, agar kotoran hewan untuk pupuk dapat dipindahtangankan tanpa harus melanggar syara’.

Hak Intifa’ dan Ikhtishas

Dalam fikih muamalah terdapat dua konsep yang terkait dengan hak guna, yaitu: hak manfaat dan hak intifa’. Seseorang yang memiliki hak manfaat berhak memindahtangankan hak guna tersebut kepada orang lain, baik dengan atau tanpa imbalan, disamping juga berhak menggunakannya untuk diri sendiri. Contoh hak manfaat adalah hak guna atas barang yang disewa bagi penyewa. Oleh karena itu penyewa berhak menggunakan barang yang disewa dan boleh pula menyewakan atau meminjamkannya kepada orang lain.

Sedangkan pemilik hak intifa’ hanya berhak menggunakannya untuk diri sendiri. Contoh hak intifa’ adalah hak atas barang yang dipinjam bagi peminjam. Oleh karena itu peminjam hanya berhak menggunakannya untuk diri sendiri dan tidak berhak meminjamkannya kembali kepada orang lain. Termasuk hak intifa’ adalah makanan yang disuguhkan untuk para tamu. Tentang hal ini as-suyuthi berkata:

المسألة السادسة: الملك: إما للعين والمنفعة معا, وهو الغالب أو للعين فقط كالعبد الموصى بمنفعته أبدا رقبته ملك للوارث. وليس له شيء من منافعه, وعليه نفقته ومؤنته. ولا يصح بيعه لغير الموصى له, ويصح له إعتاقه, لا عن الكفارة, ولا كتابته. وله وطؤها إن كانت ممن لا تحبل, وإلا فلا. وفي كل من ذلك خلاف. وإما للمنفعة فقط, كمنافع العبد الموصى بمنفعته أبدا, وكالمستأجر, والموقوف على معين. وقد يملك الانتفاع دون المنفعة كالمستعير. والعبد الذي أوصي بمنفعته مدة حياة الموصى له.وكالموصى بخدمته وسكناها. فإن ذلك إباحة له, لا تمليك. وكذا الموقوف على غير معين كالربط والطعام المقدم للضيف. وكل من ملك المنفعة, فله الإجارة, والإعارة. ومن ملك الانتفاع, فليس له الإجارة قطعا, ولا الإعارة في الأصح.

(As-Suyuthi, al-Asybah wa an-Nadhaair, hal: 326)

Dalam terminologi fiqh selain Hanafiyah hak intifa’ disebut juga ikhtishas dan dalam fiqh Hanafiyah disebut haq. Ibnu Rajab al-Hanbali mendefinisikan ikhtishas sebagai berikut:

النَّوْعُ الرَّابِعُ : حَقُّ الِاخْتِصَاصِ وَهُوَ عِبَارَةٌ عَمَّا يَخْتَصُّ مُسْتَحِقُّهُ بِالِانْتِفَاعِ بِهِ وَلَا يَمْلِكُ أَحَدٌ مُزَاحَمَتَهُ فِيهِ وَهُوَ غَيْرُ قَابِلٍ لِلشُّمُولِ وَالْمُعَاوَضَاتِ

Sedangkan az-Zarkasy as-Syafi’iy membedakan milik dari ikhtishas dengan mengatakan:

السَّادِسُ : الْفَرْقُ بَيْنَ الْمِلْكِ وَالِاخْتِصَاصِ ” أَنَّ الْمِلْكَ يَتَعَلَّقُ بِالْأَعْيَانِ ، وَالْمَنَافِعُ وَالِاخْتِصَاصُ إنَّمَا يَكُونُ فِي الْمَنَافِعِ وَبَابُ الِاخْتِصَاصِ ” ” أَوْسَعُ “

Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa hak intifa’ atau ikhtishas adalah hak terbatas yang bukan bersifat kepemilikan atas pemanfaatan suatu barang. Termasuk ikhtishas adalah hak atas barang najis yang masih dapat dimanfaatkan selain manfaat yang diharamkan, seperti bangkai yang haram dimakan tetapi bisa diambil kulitnya untuk disamak dan kotoran hewan yang dapat dimanfaatkan untuk pupuk. Ibnu Abdis Salam as-Syafi’iy menyebut macam kedelapan dari ihktishas dengan mengatakan:

الثَّامِنُ : الِاخْتِصَاصُ بِالْكِلَابِ وَالْمُحْتَرَمِ مِنْ الْخُمُورِ .

Ibnu Rajab al-Hanbaly menyebut salah satu contoh ikhtishas dengan mengatakan:

( وَمِنْهَا ) الْأَدْهَانُ الْمُتَنَجِّسَةُ الْمُنْتَفَعُ بِهَا بِالْإِيقَادِ وَغَيْرِهِ عَلَى الْقَوْلِ بِالْجَوَازِ فَأَمَّا نَجِسَةُ الْعَيْنِ كَدُهْنِ الْمَيْتَةِ فَالْمَنْصُوصُ أَنَّهُ لَا يَجُوزُ الِانْتِفَاعُ بِهِ ، وَنَقَلَ ابْنُ مَنْصُورٍ عَنْ أَحْمَدَ مَا يَدُلُّ عَلَى جَوَازِهِ .

Jika ikhtishas merupakan hak legal, dapatkah hak tersebut berpindah tangan baik dengan atau tanpa imbalan?

Perpindahan Hak Ikhtishas

Hak ikhstishas atas barang najis bisa berpindah melalui pewarisan, wasiat, hibah, sedekah dan transaksi lain yang tanpa ada imbalan. Menyinggung pewarisan barang najis an-Nawawy mengatakan:

اتفق أصحابنا وغيرهم على أنه لو كان له كلاب فيها منفعه مباحة ككلب الصيد والزرع فمات قسمت بين ورثته كما يقسم السرجين وجلود الميته وغير ذلك من النجاسات المنتفع بها

Mengutip ar-Rawyany, an-Nawawy juga menyepakati diperbolehkannya hibah dan sedekah barang najis. An-Nawawy berkata:

قال الرويانى قال أصحابنا لا تجوز هبة الزيت النجس والا التصدق به قال وأرادوا بذلك على سبيل التمليك (فأما) على سبيل نقل اليد فيجوز كما قلنا في الكلب هذا كلام الرويانى (وأما) قوله بجواز نقل اليد فهو كما قال ولا يجئ فيه خلاف وأما تملكه بالهبة والصدقة فينبغي أن يكون على الوجهين في الكلب وأولى بالجواز

Demikian pula tentang wasiat barang najis, an-Nawawy berkata:

الوصية بالكلب المنتفع به والسرجين ونحوها من النجاسات جائزة بالاتفاق وفي إجازة الكلب وهبته وجهان مشهوران (أصحهما) البطلان وسنوضح كل ذلك في موضعه إن شاء الله تعالى

Di sisi lain barang najis tidak diperhitungkan sebagai harta, dan karenanya menggasab atau merusak barang najis tidak menimbulkan tuntutan mengembalikan atau ganti rugi. An-Nawawy berkata:

وان غصب جلد ميتة لزمه رده لان له أن يتوصل إلى تطهيره بالدباغ فوجب رده عليه فإن دبغه الغاصب ففيه وجهان أحدهما يلزمه رده كالخمر إذا صار خلا والثانى لا يلزمه لانه بفعله صار مالا فلم يلزمه رده

(فصل)

 وان فصل صليبا أو مزمارا لم يلزمه شئ لان ما أزاله لا قيمة له والدليل عليه ما روى جابر رضى الله عنه قال، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم فتح مكة أن الله تعالى حرم بيع الخمر وبيع الخنازير وبيع الاصنام وبيع الميتة فدل على أنه لا قيمة له وما لا قيمة له لا يضمن

Sedangkan memindahtangankan barang najis dengan imbalan, sebagian ulama memperbolehkannya.

وَلَا يَبْعُدُ اشْتِرَاطُ الصِّيغَةِ فِي نَقْلِ الْيَدِ فِي الِاخْتِصَاصِ كَأَنْ يَقُولَ : رَفَعْت يَدِيَ عَنْ هَذَا الِاخْتِصَاصِ ، وَلَا يَبْعُدُ جَوَازُ أَخْذِ الْعِوَضِ عَلَى نَقْلِ الْيَدِ كَمَا فِي النُّزُولِ عَنْ الْوَظَائِفِ انْتَهَى م ر .

(Sulaiman al-Bujayramy, Khasiyah al-Bujayramy ala al-Mnahaj)

Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa barang najis dapat dipindahtangankan, baik dengan atau tanpa imbalan. Namun demikian kekuasaan atas barang najis yang diperoleh melalui pemindahtanganan tidak sama persis dengan kekuasaan yang didapat melalui pemindahan hak milik. Beberapa perbedaan yang dapat dicatat adalah sebagai berikut:

  1. Pemindahtanganan tidak berdampak kepemilikan. Sehingga di tangan siapapun, kekuasaan atas barang najis hanya sebatas ikhtishas
  2. Wasiat barang najis sama sekali tidak mengurangi jatah tsuluts
  3. Ketika diwaris barang najis tidak dibagi seperti harta warisan yang lain

Catatan Atas Pemindahtanganan Barang Najis Dengan Imbalan

Pertama, jika diperhatikan ada kontradiksi dalam pemindahtanganan barang najis dengan imbalan. Imbalan atau iwadl tentu diberikan sebagai penukar jasa atau barang. Jika imbalan itu dimaksudkan sebagai penukar jasa, maka obyek transaksi bukan lagi barang najis melainkan jasa, dan karenanya transaksi ini sudah keluar dari persoalan pemindahtangan barang najis dengan imbalan. Jika imbalan itu dimaksudkan sebagai penukar barang, maka di sinilah terjadi kontradiksi. Sebab barang najis tidak termasuk kekayaan. Dan yang bukan kekayaan tidak bisa ditukar dengan kekayaan. Bahkan orang yang merusakkannya pun tidak dituntut ganti rugi, meskipun tetap berdosa.

Kedua, seperti telah disebutkan di atas bahwa Nabi melarang perdagangan barang najis. Jika pemindahtanganan barang najis diperbolehkan dengan imbalan, maka konsekwensi larangan Nabi, yaitu pertukaran barang najis, terjadi, meskipun dengan proses yang berbeda.

Ketiga, dasar diperbolehkannya pemindahtanganan barang najis dengan imbalan adalah adanya kesamaan praktik dengan Nuzul anil wadlaif atau melepas hak atas suatu tugas. Dan seperti diketahui Nuzul anil wadlaif tidak melibatkan barang, melainkan sekedar hak intifa’ yang dipindahtangankan@ Wallahua’lam Bishowab

Tambakboyo, 26 Oktober 2010

Advertisements

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: